Strategi Pengembangan Ekonomi Masjid Al Barokah

Peningkatan peran ekonomi dapat ditingkatkan dengan melihat kelemahan-kelemahan serta potensi yang dimiliki oleh masjid. Secara garis besar kurang berperannya fungsi ekonomi masjid antara lain disebabkan oleh masalah kuantitas dan kualifikasi DKM masjid, persepsi DKM, pendanaan, terbatasnya waktu, informasi, akses dan kewenangan. Sementara itu keberhasilan yang dicapai oleh masjid dalam memerankan fungsinya antara lain karena intensitas kegiatan yang dilakukan, kemudahan cara atau metode yang diterapkan serta pendanaan yang memadai.

Dalam menyusun strategi pengembangan peran ekonomi masjid didasarkan pada tiga aspek yaitu kondisi DKM saat ini, potensi masjid atau kelebihan yang dimiliki dan permasalahan sebagai faktor kendala.

Strategi pengembangan disusun kedalam 4 tahapan ;

Tahapan Pertama : Sosialisasi Peran Ekonomi Masjid,

Pada tahap pertama perlu dilakukan sosialisasi kepada jamaah masjid Al Barokah tentang urgensi peningkatan peran ekonomi masjid dan potensi masjid. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan setelah penentuan road map potensi ekonomi berbasis syariah  telah dilakukan. Road map dibentuk untuk menentukan pola sosialisasi yang tepat serta prioritas sosialisasi yang dilakukan serta menentukan tahapan sosialisasi yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan karena beragamnya kondisi, situasi dan pemahaman jamaah sehingga pemetaan yang tepat akan sangat membantu dalam melakukan sosialisasi yang tepat. Tujuan dari sosialisasi juga untuk melihat respon jamaah terhadap kegiatan pengembangan ekonomi berbasis masjid.

Tahapan Kedua :  Peningkatan Kualitas SDM DKM dan Pengelola Masjid,

Tahapan yang kedua ialah peningkatan kualitas SDM DKM, ini dilakukan untuk melakukan upgrade terhadap kelemahan DKM ataupun pengelola masjid di bidang perekonomian. Peningkatan dapat dilakukan melalui pendekatan pelatihan dan workshop ataupun short course. Selain itu juga dapat dilakukan pendampingan dari instansi atau dinas yang berkaitan. Pelatihan dilakukan menyesuaikan kebutuhan dari inisiative ekonomi yang menjadi prioritas sesuai rencana kerja.

Tahapan Ketiga :  Inovasi Metode Penerapan Peningkatan Ekonomi Berbasis Masjid,

Tahapan ketiga adalah melakukan inovasi metode pengembangan ekonomi yang mudah untuk dilakukan oleh DKM Al Barokah. Hal ini penting dilakukan mengingat keterbatasan jumlah dan dana yang dimiliki oleh DKM. Program pengembangan ekonomi harus dapat dilakukan semudah membagikan dana atau barang yang secara langsung dibagikan. Selama ini, masjid enggan untuk melakukan pengembangan ekonomi karena waktu yang dibutuhkan sangat banyak, serta relatif rumit dalam pelaksanaannya belum lagi karakter dari mustahik yang sangat bervariatif. Inovasi ini dapat dilakukan melalui penelitian yang lebih lanjut.

Tahap Keempat : Implementasi, Evaluasi dan Tindakan Perbaikan.

Tahapan keempat adalah tahapan implementasi. Tahapan ini dilakukan dengan mengaplikasikan metode pengembangan ekonomi berbasis masjid. Pendampingan dapat dilakukan jika dibutuhkan. Tahapan terakhir adalah evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Evaluasi dilakukan secara berkala setelah implementasi dilakukan dan perbaikan dilakukan berdasarkan hasil evalusi.

Saat ini DKM Al Barokah melakukan tahap ke-1 sampai ke-3 secara parallel.  DKM Al Barokah merekrut jamaah-jamaah yang kompeten baik secara professional maupun akademik untuk menunjang proses analisa dan implementasi. Berbagai ide kreatif sudah di tampung dan dalam proses dibuat feasibility study. DKM Al Barokah sangat terbuka untuk menerima sumbang saran yang membangun untuk terlaksananya program-program ekonomi yang bermanfaat untuk umat. Tidak hanya jangka pendek, planning kerja ini disiapkan juga untuk program jangka panjang dan berkesinambungan.  Mari kita bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita mulia ini.

Wallahualam bissawab, assalamu alaikum wr, wb.

” Bersatu dalam Akidah
Berjamaah dalam Ibadah
Toleransi dalam Ikhtilafiyah “

 

Dhani Husodo SE., MM.

Sumber Referensi :

Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi,  Dr. Rozalinda, M.Ag., Gramedia, 2019

Ilustrasi gambar diambil dari Ruang Guru

 

Anda juga dapat menemukan ribuan Jurnal Ilmiah mengenai Islam secara percuma di link researchgate.net

About Permana Angga Suwita 32 Articles
Penyuka kesederhanaan walaupun kadang pemikirannya tidak sederhana. Mungkin karena hidup ini memang tidak sederhana.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*