Software Sirah Nabawiyah

Ibnu Mandzur dalam kitab Lisanul Arab menyatakan arti as-sirah menurut bahasa adalah kebiasaan, jalan, cara, dan tingkah laku. Menurut istilah umum, artinya adalah perincian hidup seseorang atau sejarah hidup seseorang.

Seringkali sirah dimaksudkan sebagai “Sirah Nabawiyah“, menurut istilah syar’i maksud dari as-sirah an-nabawiyah adalah Ilmu yang kompeten yang mengumpulkan apa yang diterima dari fakta-fakta sejarah kehidupan Nabi Muhammad S.A.W. secara komprehensif dari sifat-sifatnya, etika dan moral.

Sirah Nabawiyah berisi perincian kisah hidup rasulullah, yakni asal-muasal, suku dan nasab, dan keadaan masyarakatnya, sebelum dia dilahirkan. Kemudian berlanjut kepada kelahiran dia, masa kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi nabi, serta perjuangan-perjuangan dia dalam menegakkan Islam hingga akhir hayatnya. (-sumber : Wikipedia)

Selain Anda mengikuti pengajian rutin yang temanya Sirah Nabawiyah, Anda juga bisa membaca kitab-kitab terkait. Atau bisa juga dengan mudah menginstal aplikasi tersebut di smarphone atau lamptop Anda. Yang paling mudah, Anda bisa menginstalnya di smartphone, namun tentu saja sebelum menginstal aplikasi tersebut Anda harus mendownload melalui playstore. Sirah Nabawiyah pun banyak versiya, oleh karena itu Anda harus hati-hati juga dan konsultasikan dengan ustadz atau guru ngaji yang Anda ikuti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*