Software Al Quran dan Al Quran Digital

Perkembangan teknologi banyak mengubah pola hidup, gaya hidup, bahkan penampilan. Tidak hanya itu saja, dengan teknologi semua bisa diaplikasikan dengan teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang saat ini perkembangannya sangat cepat adalah perkembangan teknologi informasi.

Perangkat lunak Alquran pada CD-Rom telah dikembangkan sejak awal 1990-an. Teks daring mulai dihosting oleh situs web Islam sejak tahun 2000-an. Perangkat semacam ini pertama kali dipasarkan di Indonesia mulai tahun 1993. Perangkat ini mampu memutar audio dari rekaman bacaan Al-Qur’an dengan teks Arab pada layar yang disinkronkan. Ini memungkinkan navigasi dasar Al – Quran dengan kemampuan bagi pengguna untuk memilih surah (bab) dan ayat (ayat) tertentu.

Terjemahan Al – Quran ke bahasa lain juga disertakan, kadang-kadang disinkronkan dengan bacaan Arab asli. Produk-produk tersebut diproduksi secara massal di Cina dengan harga yang terjangkau; namun ini dicapai dengan mengorbankan pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan. Model selanjutnya memperkenalkan layar warna.

Karena ketersediaan perangkat seluler yang lebih kuat seperti smartphone , fokus telah bergeser pada produksi perangkat lunak Alquran untuk perangkat tersebut daripada perangkat khusus “Quran digital”. – sumber: wikipedia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*