Sholat Idul Adha di Masjid Jami’ Al Barolah

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443H di masjid Jami’ Al barokah dilaksanakan tanggal 10 Zulhijah atau bertepatan dengan 10 Juli 2022 M.  Ustadz Syarif Hidayatullah yang menjadi  khotib sekaligus iman pada shalat Iedul Adha tersebut. Sedangkan yang menjadi bilal adalah Habib Ali bin Husein Al Hadi.

Ustadz Sayarif menyampaikan berbagai hal terkait dengan peringatan Idul Adha tahun ini. Hari ini kita semua memperingati peristiwa  kurban , yaitu ketika Nabi Ibrahin  bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati peristiwa tersebut, hewan ternak disembelih sebagai kurban yang setiap tahun kita laksanakan.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 10  Zulhijah setiap tahunnya. Hari ini juga beserta hari-hari  Tasyrik merupakan hari yang  diharamkan berpuasa bagi umat Islam. Pada tanggal 10 Zulhijah tersebut , umat Islam berkumpul pagi hari dan melakukan Sholat bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah sholat, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Pada kesempatan tersebut, Ustdz Syarif Hidayatullah, menjelaskan kurban merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah. Waktu pelaksanaan berkurban dimulai dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 Dzulhijjah setiap tahunnya. Perintah kurban selalu diiringi dengan perintah melaksanakan ibadah sholat. Kedua ibadah itu menurutnya adalah perwujudan nilai ‘habluminallah dan habluminannas’ yang dianjurkan bagi setiap muslim.

Setelah selesai sholat Ied, seperti biasa sebagian jemaah bersalam-salaman dan diiringi takbir. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Idul Adha tahun ini, akan mempererat tali persaudaraan diantara kita. Khususnya dilingkungan perumahan Cijujung Permai dan sekitarnya. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *