Sabar Dalam Musibah

QS. al-Baqarah (2) : 214 :

Ataukah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, padahal belum datang kepada kalian (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kalian. Mereka ditimpa kemelaratan dan penderitaan, serta guncangan (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

PENJELASAN/TAFSIR :
Wahai orang-orang beriman, apakah kalian mengira akan masuk surga hanya dengan bekal keimanan. Padahal, kalian belum mengalami cobaan dan ujian seperti yang pernah dialami orang-orang terdahulu. Mereka ditimpa ketakutan, kekurangan, sakit, dan kelaparan. Jiwa mereka terganggu karena merasa takut dan khawatir, serta diguncang oleh berbagai musibah. Rasulullah dan orang-orang beriman sampai berkata saat menghadapi musibah yang amat dasyat,
“Kapan pertolongan Allah yang dijanjikan kepada kami akan datang?
” Sungguh, pertolongan Allah itu dekat dengan orang-orang beriman.

Asbabun Nuzul Ayat :

Ayat ini turun dalam peristiwa Perang Khandaq. Saat itu, kaum mukminin mengalami penderitaan yang cukup berat, kepanasan, kedinginan, dan kegetiran hidup lainnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam ayat, “Di situlah diuji orang-orang mukmin dan diguncangkan (hatinya) dengan guncangan yang dasyat.” (QS. al-Ahzaab [33] : 11).

Semoga Bermanfaat afwan wa Syukron

Wassalamu alaikum
@sbahriSSQ,

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*