PERJALANAN MENGHAPUS JARAK

“Jika bukan karena medan nafsu tentu tak akan ada perjalanan orang-orang yang menuju Allah, karena tak ada jarak antara dirimu dan diri-Nya yang harus kau tempuh, juga tak ada permusuhan antara kau dan Allah yang harus diselesaikan.”

—Syekh Ibnu Atha’illah, Al-Hikam.

Sahabatku, Syekh Abdullah Asy-Syarqawi menjelaskan bahwa kalau saja tidak ada syahwat dan keinginan nafsu, maka perjalanan para salik menuju Allah tak akan pernah ada. Allah lebih dekat kepada seseorang daripada dirinya sendiri. Jadi tak ada yang perlu ditempuh para salik untuk menuju Allah, karena Dia telah berfirman: “Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS Qaf 50: 16)

Jauhnya jarak yang perlu ditempuh menuju yang dicintai telah terbentang di hadapanmu wahai para hamba. Maka ketahuilah bahwa jarak itu adalah syahwatmu sendiri.

Jika syahwat ini tidak ada kau tidak perlu berjalan jauh atau menempuh jalan menuju Allah, karena jarak tersebut tidak ada sebagaimana diisyaratkan Syekh Ibnu athaillah dalam Al-hikam di atas.

Sudah tak ada lagi permusuhan antara dirimu dengan Allah yang harus kita selesaikan juga tidak ada ada. Permusuhan tidak terjadi kecuali dua hal yang saling berlawanan. Sedangkan di sini kau membutuhkan cinta dan hubungan dengan-Nya. Memangnya siapa dirimu sampai berani memusuhi Allah?

Kesimpulannya, saat syahwatmu hilang kau tidak perlu lagi menempuh perjalanan panjang menuju Allah. Perjalanan ke sana bermakna memutus halangan dan rintangan jiwa, menghapus pengaruhnya serta menyingkirkan watak dan kebiasaan buruknya agar ia bersih dari semua itu. Jika sudah bersih semuanya maka kau layak dekat dengan-Nya dan meraih kebahagiaan pertemuan dengan-Nya.

Jika tak ada perjuangan dan penderitaan seperti ini, perjalanan menuju Allah tidak pernah ada. Karena, Dia lebih dekat kepadamu daripada dirimu sendiri.

-Syekh Ibnu Atha’illah, syarah Syekh Abdullah Asy-Syarqawi.
Sumber : FB Tasawuf Underground

SUMBER : Pelita Pagi 12 September 2022 (14 Safar 1444 H)

#jalanibarengingatAllah #https://t.me/Pelitapagihamdi

Leave a Reply

Your email address will not be published.