Pengertian Qurban Secara Bahasa

Melansir dari Dompet Dhuafa, kurban berasal dari kata qariba yaqrobu qurbanan wa wirbanan yang artinya mendekat.

Kurban mengandung makna sebagai ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah, sebagaimana Nabi Ibrahim mengorbankan anaknya untuk patuh pada perintah Allah. Lalu, kurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha berasal dari kata “udhiyyah” yang merupakan bentuk jamak dari “dhaniyyah” artinya waktu dhuha. Hal tersebut berkaitan dengan waktu penyembelihan hewan kurban yang dilakukan setelah shalat Idul Adha.

Penyembelihan hanya dilakukan pada tanggal tertentu, yaitu pada 10 Dzulhijjah dan tiga hari tasyrik 11,12,13 Dzulhijjah. Secara praktiknya, kurban artinya sembelihan. Kemudian, kurban merupakan syiar Islam yang Allah syariatkan dalam Al Quran.

Idul Adha sebentar lagi. Tinggal menghitung hari. Walaupun Idul Adha tahun 2021 ini masih dimasa pandemi, tetapi DKM Al Barokah tetap akan melaksanakan sholat Idul Adha dan tentu dilanjutkan dengan pemotongan hewan Qurban. Namun tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat.

Di harapkan tahun ini masyarakat dilingkungan Masjid Al Barokah bisa berqurban lebih banyak diari tahun lalu. Tahun 1441/2020 walaupun sama dimasa pandemi masyarakat masih bisa berqurban, kalau di total waktu itu kambing dan  doba 65 ekor dan sapi 9 ekor. Mudah-mudahan ini bisa lebih banyak lagi. Aamiin YRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *