Pelaksanaan Qurban di Masjid Al Barokah Tahun 2020

Hari Raya Idul Adha di Indonesia dikenal juga dengan Hari Raya Qurban. Dan diperingati tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Idul Adha kali tahun ini jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 atau hari Jum’at. Seerti biasa, proses pelaskanaan solat Idul Adha tersebut berjalan dengan baik, namun demikian DKM Masjid AL Barokah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan surat daran dari Menteri Agama RI dan pemerintah daerah.

Proses penyembelihan hewan Qurban tahun 2020 sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Di mana DKM Masjid Al Barokah melaksanakannya pada hari kedua, yaitu tanggal 1 Agustus 2020. Dan tentu saja disambut baik oleh tokoh masyarakat dan masyarakat Komplek Perusahaan Cijujung Permai, Sukaraja, Bogor.

Untuk pelaksanaannya sendiri yang tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan dihalaman depan masjid, untuk kali ini Panitia dan DKM Al Barkah memilih lokasi yang ada di belakang masjid. Tujuannya adalah agar proses penyembelihan dan lain-lain bisa berjalan dengan baik tanpa menggangu masyarakat yang akan melaksanakan ibadah di masjid.

Tahun ini, Panitia Qurban menerima hewan Qurban titipan 7 ekor sapi dan 62 ekor kambig dan domba. Namun dengan saling membantu, bahu membahu pengurus DKM dan masyarakat proses penyembelihan, pencacahan Qurban dan pendistriusian tahun ini berjalan lebih cepat.

Tahun ini jumlah penerima juga meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk rtahun ini, dari jumlah hewan Qurban tersebut kita menyalurkan lebih dari 1.000 KK. Bahkan kita juga bisa menyalurkan ke beberapa daerah lain yang ada di sekitarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*