Mustajabnya Doa Ketika Sujud

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keadaan seorang hamba paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud, maka perbanyaklah berdoa saat itu.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 482]

Hadits ini menunjukkan dorongan untuk memperbanyak doa ketika sujud. Karena ketika sujud adalah tempat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Allah. Boleh meminta hajat apa pun ketika sujud dan saat sujud adalah tempat terkabulnya doa. Boleh meminta berulang-ulang dalam doa agar mudah terkabul .

Namun

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarangku untuk membaca (ayat Al-Qur’an) ketika ruku’ dan sujud.” (HR. Muslim no. 480).

Lalu bagaimana dengan berdoa dengan doa dari Al-Qur’an saat sujud? Jawabnya, hal ini tidaklah mengapa. Kita boleh berdo’a dengan do’a yang bersumber dari Al Qur’an. Seperti do’a sapu jagat,

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201).

Atau do’a agar diberikan keistiqamahan,

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

“Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).” (QS. Ali Imran: 8 .

Dan berdoa supaya mati dalam keadaan Husnul khatimah , mati dalam keadaan taubatan nasuha , mati dalam keadaan beragama Islam.

” Allahumma inni as’aluka husnal khotimah.”

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut”

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika”.

Dan tentunya berdoa dalam sujud itu setelah membaca

” Subhana Roobiyal a’la wabihamdih.

Semoga kita semua slalu berdoa kepada Allah azza wa jalla.

Karena kita lah yang membutuhkan Allah , bukan Allah yang butuh kita.

– Kiriman temen SMP Jampangkulon – Sukabumi – Cecep Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *