Melihat Keindahan Masjidil Aqsa, Saksi Rasulullah Melakukan Isra Miraj Menembus Lapisan Langit

Bangunan kubah ini untuk melindungi batu hitam Sakhrah Muqaddasah yang menjadi pijakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam saat menuju Sidratul Muntaha.

Dome of Rock memamerkan arsitektur Bizantium yang terbuat dari kayu berlapis enamel. Di bawah kubah terdapat kapel atau mushola yang terletak di bagian selatan masjid.

Selain itu, fasad masjid memiliki bangunan pagar langkan berupa lorong-lorong beratap (arkade) dengan tiang-tiang kolom kecil. Terdapat empat belas lengkungan batu di sepanjang fasad, sebagian besar bergaya Romantik.

Sementara bagian dalam masjid terdapat tujuh lorong dengan ruang yang ditunjang oleh tiang-tiang melengkung. Setiap ruangan memiliki 45 tiang kolom, 33 di antaranya terbuat dari marmer putih dan 12 lainnya dari batu. Ada pula mosaik dan prasasti yang dibangun menghadap pintu masuk utama dekat kubah.

Masjidil Aqsa kini menjadi bagian penting dari sejarah Islam dan salah satu simbol kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala. Turis harus berpakaian sopan, dan wanita wajib menutup auratnya. Sepatu tidak diperbolehkan di dalam masjid, melainkan dibiarkan di luar rak atau karpet.

-kiriman Kang H/ Mulyana, Alumni 1979 SMP Jampangkulon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *