Jumat Berkah Bersedekah

JUMAT Berkah. Sebagian besar mata jemaah tertuju pada tulisan di sudut halaman masjid Al Barokah yang bertulisan Mari Bersedekah Seikhlasnya. Lapak yang ditungguin itu-ibu setiap hari Jumat menjelang dan setelah sholat Jumat itu menyajikan makanan dalam box lengkap, nasi, sayur dan lauk-pauknya. Jadi apabila Anda ingin menikmati masakan yang lezat cukup yang bersedekah seiklasnya sudah bisa makan sehat, nikmat dan tentu saja halal.

Apa itu jumat berkah? Jumat merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan, penuh berkah dan Allah SWT membuka pintu maaf seluas-luasnya. Oleh karena itu pada jumat berkah ini setiap Muslim berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti salat, mengaji, dzikir, hingga memperbanyak doa.

Berdasaran informasi yang disapaikan oleh bapak H Uum Kasum kepada peulis, “kegiatan ini sudah berjalan lama yang dikomandoi PERWIRA (Perempuan Wira usaha Indonesia). Saat ini yang menjadi Ketua Umum DPP PERWIRA adalah Ibu Elsa Syarif , sedangkan Ketua PERWIRA Jawa Barat adalah Ibu Rini Sujiati, dan Ketua DPC Perwira Kab Bogor Ibu Tri Sumanti bergerak di bidang wirausaha UMKM membina pengusaha perempuan  pemula.  Selanjutnya pak H Uum Kasum menyampaikan bahwa salah satu program PERWIRA adalah kegiatan sosial, antara membantu korban banjir dan bersedekah”, lanjut H Uum Kasum.

Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh PERWIRA pada kegiatan sedekah bulan Romadhon tahun 2019 lalu, yaitu berupa tajil terutama bagi musafir di jalanan. Selain itu, menjelang ahir tahun PERWIRA juga melaksanakan kegiatan berupa jumat berkah, karena lokasi di sekitar masjid Al Barokah maka kerjasama dengan DKM Al Barokah dilaksanakan setiap jumat, mulai Jumat tangal 11 Oktober 2019, dan sampai saat ini sudah 20 kali jumat dilaksanakan.

Selain itu, kegiatan PERWRA yang dilaksanakan bulan Desember 2019 lalu, yang sebelumnya dengan menyediakan makan murah untuk jemaah dialihkan ke korban banjir selama 2 kali Jjumat dan santunan anak yatim di perum Cijujung Permai.

Adapun maksud dari kegiatan ini yaitu untuk berbagi dengan jemaah yang selesai melaksanakan ibadah sholat Jumat, langsung disuguhi nasi lengkap dengan lauk pauknya. Sebenarnya yang paling banyak mengambil nasi box dalah anak-anak, tujuannya tentu agar rajin ke masjid, bersedekah, sebagai generasi masa depan yang meneruskan roda pembangunan di lingkungannya masing-msing. Disamping itu mereka yang melaksanakan sholat jumat di Masjid Al Barkah bisa melihat dan sekaligus belajar bersedekah seihlasnya, hasil dari sedekah ini nantinya diteruskan untuk anak yatim, menyiapkan nasi box, yang dikerjakan oleh ibu-ibu dari Perumahan Cijujung Permai ddengan menyiapkan nasi box setiap jumat sebanyak 200 box. Kadang ada juga tambahan dari ibu Perumahan kurang lebih 50 box, semuanya disajikan untuk para jemaah shalat Jumat, mengakhiri penjelasannya.

Agar kegiatan ini tertib dan berjalan dengan baik, penyiapan tenda dilakukan oleh pihak DKM dan para donatur jemaah masjid.  Tujuannya tentu agar memberi manfaat bahwa  DKM Masjid Al Barokah bisa melayani jemaahnya degan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*