Keutamaan Surat Al Fatihah

Surat Al-Fatihah menjadi istimewa karena pembuka kitab suci Alqur’an atau disebut juga ummul Qur’an (induk Alqur’an).

Surat Al-Fatihah terdiri dari 6 ayat tanpa basmalah. Secara bahasa, Al-Fatihah artinya pembukaan. Surah ini diturunkan di Makkah atau disebut Surah Makkiyah. Surah ini merupakan surah terbaik dari 114 surah dalam Alqur’an. Surah Al-Fatihah memiliki 139 huruf dan 25 kata. Adapun keutamaan Surat Al- Fatihah yakni:

  1. Menjadi Syarat Sahnya Sholat.  Salat seseorang yang tidak membaca Surah Al-Fatihah atau pembuka Alquran maka salatnya dihukumi tidak sah. Dalam satu hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) bersabda:  “Tidak (sah) salat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al-Fatihah).”
  2. Surat Paling Agung Diturunkan kepada para Nabi dan Rasul. Keagungan Surah Al-Fatihah tidak ada bandingannya baik di dalam kitab Taurat, Injil, Zabur dan dalam Alqur’an sendiri. Surah ini disebut merupakan induk dari segala surah di dalam Alqur’an (‘Ummul Kitab).

Keagungan Surah Al-Fatihah disebutkan dalam sebuah hadis sahih yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Rasululah SAW bersabda:  “…Maukah aku ajarkan kepadamu satu surat yang tidak diturunkan di Taurat, Injil dan Zabur, dan dalam Alqur’an juga tidak ada yang sepertinya?”  Ubay menjawab: “Tentu, wahai Rasulullah.”

Rasulullah SAW bersabda: “Bagaimana kamu membaca saat salat?” Perawi berkata:  “Maka Ubay membaca ummul Alqur’an (Al Fatihah).

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah diturunkan di Taurat, Injil, Zabur dan dalam Alqur’an seperti itu, sesungguhnya ia adalah tujuh (ayat) yang diulang-ulang dan Alqur’an yang agung yang diberikan padaku.” Abu Isa berkata:  Hadis ini hasan shahih. Hadis serupa juga disampaikan dari Anas bin Malik dan Abu Sa’id bin Al Mu’alla. (Kiriman kang H. Mulyana, SMP Jampangkulon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *