Ibn Khaldun, Bapak Ekonomi Dunia Yang Tidak Diakui

Dunia mengenal Adam Smith  (1723-1790)  sebagai bapak ekonomi dunia. Teori Demand Supply Adam Smith menjadi pondasi bagi semua teori ekonomi sesudahnya.

Tetapi sebenarnya 5 abad sebelumnya ilmuwan muslim, Ibn Khaldun (1 Ramadan 732 H./27 Mei 1332 M) sudah membuat teori-teori ekonomi. Ibn Khaldun menulis pemikiran-pemikirannya tentang teori ekonomi yang logis dan realistis jauh telah dikemukakannya sebelum Adam Smith dan David Ricardo (1772-1823) mengemukakan teori-teori ekonominya. Bahkan ketika memasuki usia remaja, tulisan-tulisannya sudah menyebar ke mana-mana. Tulisan-tulisan dan pemikiran Ibnu Khaldun terlahir karena studinya yang sangat dalam, pengamatan terhadap berbagai masyarakat yang dikenalnya dengan ilmu dan pengetahuan yang luas, serta ia hidup di tengah-tengah mereka dalam pengembaraannya yang luas pula.

Jadi sebenarnya Bapak Ekonomi dunia itu sebenarnya Ibn Khaldun, dan bukan Adam Smith.

Lalu kenapa Adam Smith yang terkenal sebagai bapak ekonomi dunia ?

Imu Ekonomi Islam berlandaskan pada Fiqih Muamalah tidak bisa di terima oleh pasar barat yang menggunakan kapitalisme sebagai landasan ekonomi. Maka ilmu ekonomi barat berkembang berdasarkan pola kapitalis dimana keuntungan sebesar besarnya menjadi tujuan. Itulah kenapa teori Adam Smith yang akhirnya banyak dipakai sebagai landasan berpikir.

Ekonomi Syariah Islam bertujuan menggapai ridha Allah, Ekonomi Barat bertujuan menguasai umat manusia. Berbeda jauh bukan. Sampai kapan pun dua disiplin ini tidak akan ketemu.

Karena itulah oleh dunia barat Ibn Khaldun di kenal hanya sebagai bapak Ekonomi Islam   saja. Sedang Bapak Ekonomi Dunia……ya Adam Smith.

 

 

PAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *