DKM Al Barokah Menggunakan Thermo Gun

INFO:: DKM Al Barokah terus bebenah dalam rangka menantisifasi penularan virus corona atau Covid-19. Mulai hari ini, piranti tersebut sudah digunakan, untuk tahap awal DKM AlBarokah baru membeli du buah Thermo gun.

Piranti ini akan terus digunakan untuk mematau suhu atau temperatur jemaah yang akan masuk dan sholat berjamaah di masjid Al Barobah. Sebenarnya, sebelum membeli piranti tersebut, DKM AL barokah sudah berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan berbagai cara, misalnya dengan menggulug karpet, mengatur jarak shaft atau Physic Distancing, Social Distancing, menutup dua pintu dan hanya membuka pintu masuk saja, dan sebagainya.

Pemanfaatan Thermo gun sebenarnya merpakan salah satu cara yang paling praktis untuk mendeteksi suhu atau temperatur jemaah. Thermo gun bentuknya mirip seperti pistol, kemudian ditembakkan ke dahi. Tidak lebih dari satu detik, suhu tubuh langsung bisa terdeteksi.

Cara Kerja Thermo Gun

Thermo gun tidak jauh beda dengan termometer infrared. Thermo gun bisa mengukur suhu tubuh tanpa harus bersentuhan dengan objek yang akan diperiksa.

Thermo gun biasanya diarahkan pada dahi orang yang ingin diperiksa. Semakin panas suatu benda, maka molekul akan semakin aktif dan semakin banyak juga energi infra red yang dipancarkan. Nantinya, hasil suhu tubuh bisa langsung terlihat pada bagian layar yang ada di bagian belakang thermo gun.

Suhu tubuh normal manusia berada pada 36,5-37,2 derajat Celcius. Suhu tubuh di atas normal menandakan tubuh tengah berjuang melawan penyakit atau infeksi yang menyerang.

Sebagaimana kita ketahui, Covid-19 mempunyai gejala yang mirip seperti demam biasa, namun disertai sesak napas. Apabila suhu melebihi 38°C, nantinya orang tersebut akan dirujuk untuk diperiksa lebih lanjut.

Adapun radiasi inframerah merupakan salah satu bagian dari radiasi intrinsik dan ia dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Sinar inframerah difokuskan melalui lensa pada elemen detektor dan menghasilkan sinyal listrik yang setara dengan radiasi. Kemudian sinyal radiasi ini diamplifikasi dan diubah menjadi sinyal yang sebanding dengan suhu objek tersebut. – berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*