CARA ALLAH MENAIKKAN MAQAM HAMBANYA

Kemuliaan seseorang itu datang dari Allah, karena itu bersyukurlah dan hertahmidlah kepada-Nya. Karena Allah yang menutupi aibmu, memperindah dhahirmu, dan mengangkat maqammu di mata manusia.

Karena itu, ketika orang memuji dan memujamu, pujilah Allah. Karena semuanya Dia yang menjadikan semua pujian datang kepadamu. Karena itu, camkan nasihat Ibn Atha’illah dalam Hikamnya, “Kuburlah dirimu dalam-dalam. Karena tanaman yang tidak dalam akarnya akan tumbang diterpa angin.”

Ketika keyakinan hati kita tidak kokoh, dipuji sedikit saja langsung terbang. Ketika hati kita tidak kuat, dicela dan dihina sedikit saja langsung tumbang. Itulah kalau akar tidak kokoh.

Bersihkanlah hatimu, bersandarlah hanya kepada Allah, jadikanlah akidah Islammu sebagai kaidah berpikirmu, supaya bisa melihat setiap peristiwa dengan bashirah, mata hati yang terpancar dari iman, bukan melihat dengan mata dhahir. Karena, Allah punya cara mengokohkan kedudukan hamba-Nya, yang kadang tidak bisa dinalar, tapi itulah cara-Nya Dia membersihkan “mutiara” dari kotoran agar mutiaranya berkilau. Maka, setiap peristiwa datang dan pergi, tapi pelajarannya tetap menjadi pelajaran bagi hamba-Nya yang mau berpikir ( KH. Hafidz Abdurrahman, MA.)

Kirimam : Ustadz Alwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *